No image available for this title

Text

Media pembelajaran game basic english learning berbasis open source untuk sekolah dasar pada SD Negeri nayu no.77 surakarta - (SKRIPSI SI)



ABSTRAK

MEDIA PEMBELAJARAN GAME BASIC ENGLISH LEARNING
BERBASIS OPEN SOURCE UNTUK SEKOLAH DASAR
PADA SD NEGERI NAYU NO.77 SURAKARTA

Oleh :
Rifa’i Enggar Wibowo
150101208

Penelitian ini berlatar belakang pada permasalahan dimana bahasa inggris yang telah digunakan sebagai bahasa international, masih sedikit dari siswa siswi kelas 3 SD yang menguasai dasar-dasarnya. Meski begitu pendidikan bahasa inggris pada tingkat sekolah dasar terutama kelas 3 masih di anggap kurang. Seperti contohnya pada SD Negeri Nayu No. 77 Surakarta hanya terdapat satu kali pertemuan dalam satu minggu. Dalam satu kali pertemuan itupun hanya terdapat waktu 30 menit. Sehingga karena waktu pertemuan yang sedikit tersebut seringkali menyebabkan penguasaan bahasa inggris siswa-siswi kelas 3 menjadi kurang. Karena itulah seringkali guru menggunakan media belajar tambahan agar dapat menarik minat belajar siswa. Dimana tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran basic englis learning serta mengetahui kelayakannya.
Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cyrcle atau MDLC. Pengembangan multimedia ini melalui enam tahapan yaitu : concept , design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik observasi, wawancara, dan kuisioner sebagai instrument penelitian. Teknik pengujian yang dilakukan adalah menggunakan metode alpha dan beta test. Dimana pada tahap alpha pengujian dilakukan dengan metode blackbox sementara tahap beta dilakukan pengujian kuisioner.
Hasil penelitian ini meliputi terbentuknya sebuah aplikasi. Dimana aplikasi tersebut telah melalui pengujian black box dengan hasil pengujian menyatakan tidak terdapat kesalahan atau error karena sistem mampu melakukan seluruh fungsinya dengan baik. Kemudian melalui hasil dari kuisioner terhadap aplikasi, dimana dari 5 soal yang dituliskan dalam kuisioner, aplikasi mendapatkan skor dengan rata-rata 4.64 dari skala 1-5. Sehingga melalui nilai skor tersebut dapat diputuskan bahwa aplikasi telah memenuhi harapan.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Game, Bahasa Inggris, MDLC, Flash, Android


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
003.262 WIB m 2019 (SKRIPSI SI)
Penerbit FIKOM Universitas Duta Bangsa : SURAKARTA.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
150101208
Klasifikasi
003.262 WIB m 2019
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas

  • Media pembelajaran game basic english learning berbasis open source untuk sekolah dasar pada SD Negeri nayu no.77 surakarta
    ABSTRAK MEDIA PEMBELAJARAN GAME BASIC ENGLISH LEARNING BERBASIS OPEN SOURCE UNTUK SEKOLAH DASAR PADA SD NEGERI NAYU NO.77 SURAKARTA Oleh : Rifa’i Enggar Wibowo 150101208 Penelitian ini berlatar belakang pada permasalahan dimana bahasa inggris yang telah digunakan sebagai bahasa international, masih sedikit dari siswa siswi kelas 3 SD yang menguasai dasar-dasarnya. Meski begitu pendidikan bahasa inggris pada tingkat sekolah dasar terutama kelas 3 masih di anggap kurang. Seperti contohnya pada SD Negeri Nayu No. 77 Surakarta hanya terdapat satu kali pertemuan dalam satu minggu. Dalam satu kali pertemuan itupun hanya terdapat waktu 30 menit. Sehingga karena waktu pertemuan yang sedikit tersebut seringkali menyebabkan penguasaan bahasa inggris siswa-siswi kelas 3 menjadi kurang. Karena itulah seringkali guru menggunakan media belajar tambahan agar dapat menarik minat belajar siswa. Dimana tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran basic englis learning serta mengetahui kelayakannya. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cyrcle atau MDLC. Pengembangan multimedia ini melalui enam tahapan yaitu : concept , design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik observasi, wawancara, dan kuisioner sebagai instrument penelitian. Teknik pengujian yang dilakukan adalah menggunakan metode alpha dan beta test. Dimana pada tahap alpha pengujian dilakukan dengan metode blackbox sementara tahap beta dilakukan pengujian kuisioner. Hasil penelitian ini meliputi terbentuknya sebuah aplikasi. Dimana aplikasi tersebut telah melalui pengujian black box dengan hasil pengujian menyatakan tidak terdapat kesalahan atau error karena sistem mampu melakukan seluruh fungsinya dengan baik. Kemudian melalui hasil dari kuisioner terhadap aplikasi, dimana dari 5 soal yang dituliskan dalam kuisioner, aplikasi mendapatkan skor dengan rata-rata 4.64 dari skala 1-5. Sehingga melalui nilai skor tersebut dapat diputuskan bahwa aplikasi telah memenuhi harapan. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Game, Bahasa Inggris, MDLC, Flash, Android


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this