Image of Cara cerdas mengelola blog

Text

Cara cerdas mengelola blog



Blog merupakan istilah yang berasal dari kata weblog. Secara bahasa, web log dapat diartikan sebagai catatan yang ditulis dalam bentuk web, dan kata log itu sendiri berarti catatan. Dalam definisi yang lebih formal, blog adalah website yang mengandung isi dalam urutan waktu terbalik dan terdiri atas posting-posting. Posting adalah isi blog yang terbagi ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil yang berisi (content) blog yang dipublikasikan oleh pemilik pada waktu tertentu dan diurutkan secara terbalik terhadap waktu.

Blog telah menjadi alternatif media yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Blog banyak dipakai oleh pemiliknya untuk publikasi dengan keperluan yang bermacam-macam, seperti media marketing, diari, media informasi, bahkan motivasi orang untuk membuat blog juga bermacam-macam. Misalnya mencari uang, sekedar mengikuti tren (coba-coba), aktualisasi diri, media saling bertukar pendapat, media publikasi untuk public relation, dan sebagainya.

Banyak orang di internet yang menyediakan jasa pembuatan blog dengan harga yang bervariasi. Tetapi yang menjadi pertanyaan, bisakah kita membuat blog sendiri ? Hal ini lah yang diulas oleh penulis dalam buku ini.

Buku ini membahas seluk-beluk pembuatan dan pengelolaan blog, terutama untuk WordPress dan Blogger. Selain itu, penulis juga membahas topik yang lebih advanced seperti penggunaan layanan web hosting dan nama domain sendiri, pengeditan blog dengan menambah shoutbox, favicon, musik, video, status Yahoo Messenger, dan statistik blog, serta aneka trik untuk blogging, impor posting blog, penggunaan site feed, social bookmark, dan avatar.

Setelah berhasil membuat blog, Anda tentunya ingin banyak orang membacanya. Buku ini tidak hanya menyajikan cara membuat, mengelola dan mengutak-atik blog, tetapi juga cara mempromosikan blog kita di internet agar lebih dikenal di internet. Di sini penulis menjelaskan cara mempromosikan blog kita melalui milis ketika kita mengirimkan email ke milis dengan menempatkan signature berupa alamat blog di bagian bawah isi email. Selain itu penulis juga menjelaskan cara lain, yaitu melalui iklan internet dan dengan barter link. Sehingga Anda tidak hanya tahu cara membuat, mengelola, dan mengutak atik blog, tetapi juga menambah wawasan Anda cara mempromosikan blog Anda.

Buku ini dikarang oleh Rachmad Hakim S. seorang IT professional. Tidak heran jika ia sudah menulis 11 judul buku yang berhubungan dengan teknologi. “Panduan Instan Photoshop CS5″, “Panduan Instan CorelDraw X5″, “Trik Terampuh Internet Sekuriti Wind+CD”, “Mudah Merakit Komputer”, “Panduan Mengetik 10 Jari + CD” , “Mastering Java”, “Langsung Mahir Photoshop”, “Trik Terampuh Internet Securiti Windows”, “Windows 7 Ngoprek Habis-habisan + DVD”, dan “Jago Presentasi dengan PowerPoint 2007″ merupakan judul-judul yang pernah dibuat oleh Rachmad Hakim S. Dan Buku “Panduan Mengetik 10 Jari + CD” merupakan buku The Best Seller yang ditulis oleh Rachmad Hakim S.

Jenis buku nonfiksi ini dikemas dengan ringan dan diulas menarik serta ditulis dengan gaya yang simple dan mudah dipahami dalam penyampaiannya. Cara penyajian secara berurutan dan didukung dengan gambar-gambar yang memperjelas apa yang disampaikan dalam buku tersebut. Bonus CD dalam buku ini berisi contoh template, theme, plugin, dan aplikasi untuk bloggin sangat membantu dalam mengatur desain blog. Hal ini lah yang menjadi kelebihan dari buku ini karena didukung dengan fasilitas CD.

Sayangnya, buku ini menggunakan jenis kertas yang kurang baik. Jenis kertas dengan warna kuning kusam sehingga seakan-akan buku ini sudah lama, sampai-sampai warna kertas sudah berubah warna menjadi kusam. Selain jenis kertas yang kurang baik, buku ini tidak didukung dengan gambar yang berwarna sehingga gambar-gambar penjelas kurang menarik, dan hal itu dapat mengurangi fungsi gambar tersebut sebagai penjelas lebih apa yang dimaksud atau yang dijelaskan dalam buku tersebut.

Cara Cerdas Mengelola Blog merupakan bab-bab pilihan dari 100 judul buku best seller Elex Media Komputindo sehingga layak untuk dibaca dan patut untuk dimiliki untuk berbagai lapisan masyarakat. Dengan demikian, buku ini diharapkan dapat menjadi panduan belajar blog yang lebih lengkap dibandingkan buku blog lainnya.


Ketersediaan

1193004.9 HAK c PHPPTS-2011Perpustakaan Fakultas Komputer UDB (004)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
004.9 HAK c
Penerbit Elexmedia Computindo : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
x; 163; 21
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-27-4004-2
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this