No image available for this title

Text

Digital Edukasi Game Interaktif Sejarah Kebudayaan Islam “Kisah Nabi” Menggunakan Aplikasi Open Source (SKRIPSI SI)



Belajar memiliki peranan penting dalam perkembangan mental, perilaku pola pikir siswa. metode pembelajaran yang manual membuat siswa menjadi cepat bosan dan malas dalam memperhatikan materi yang diberikan oleh para guru, sehingga minat belajar mereka semakin menurun. Maka untuk menangani hal tersebut dibuatlah media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan minat belajar para siswa seperti dibuatlah game edukasi sejarah kebudayaan islam “Kisah Nabi” berdasarkan kurikulum 2013 (K13) pada SDIT Insan Mulia Surakarta. Penelitian menerapkan metode wawancara dan pustaka.
Game edukasi ini disajikan dalam bentuk 2 Dimensi dengan game engine
Open Source Lazarus. Metode pengembangan sistem menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 tahapan, yaitu concept, design, material collecting, testing dan distribution. Pengujian penelitian menggunakan pengujian Black Box dan pengujian kuisioner dengan jumlah keseluruhan 17 responder untuk mencoba menggunakan permainan edukatif.
Berdasarkan hasil pengujian Black Box yang dilakukan bahwa aplikasi Edugame pengenalan 5 Nabi bergelar Ulul Azmi seluruh fungsi dan tombol dapat berfungsi dengan baik. Hasil penelitian White Box atau Beta Test yang dilakukan di SDIT Insan Mulia Surakarta dengan jumlah responden 17 orang menunjukkan bahwa 90,11% sangat setuju bahwa permainan edukatif sejarah kebudayaan islam “Kisah Nabi” mudah dimainkan, bermanfaat dan dapat dijadikan media pembelajaran.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
003.297 092 MAH d 2019
Penerbit FIKOM Universitas Duta Bangsa : SURAKARTA.,
Deskripsi Fisik
xv; 105; 21x29
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
150101105
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this