No image available for this title

Text

Sistem Informasi Klasifikasi Tingkat Kelayakan Calon Nasabah Yang Mengajukan Kredit Menggunakan Metode Naive Bayes Clasifier (SKRIPSI SI)



Koperasi merupakan bentuk perusahaan organisasi dimana tujuan utamanya bukan mencari keuntungan tetapi mencari kesejahteraan dari anggotanya. Pra koperasi Kurnia Kasih pada saat ini masih menggunakan cara manual dalam hal pencatatan transaksi, pengolahan data, serta pembuatan laporan. Hal tersebut menyebabkan proses kerja menjadi tidak efisien dan tidak praktis. Untuk itu, pra koperasi ini membutuhkan suatu sistem yang dapat mencatat transaksi dan menyimpannya secara rapi untuk meminimalisir kesalahan.
Metode analisis dalam penelitian yang digunakan adalah UML terdiri dari usecase diagram, activity diagram, dan class diagram untuk menganalisis sistem yang berjalan dan yang akan dikembangkan. Untuk mengklasifikasikan calon nasabah menggunakan metode Naive Bayes Clasifier. Sedangkan metode yang digunakan untuk pengujian program ini menggunakan metode Konfusi Matriks. Untuk Bahasa program yang digunakan untuk pembuatan Sistem informasi ini menggunakan bahasa program yang berperan dalam pembuatan Sistem Web yaitu bahasa program HTML, PHP dan Java Script. Perancangan database mengunakan MySQL.
Hasil dari perancangan sampai pengujian Sistem Informasi Klasifikasi Calon Nasabah tersebut menunjukkan bahwa admin mampu mengolah data nasabah sehingga dapat memilih nasabah mana yang harus diterima dan ditolak. Supervisor hanya dapat melihat hasil akhir dari proses tersebut. Dengan metode penghitungan konfusi matriks mendapatkan hasil nilai precision 78.95%, nilai recall 44.12%, nilai accuracy 79.65%.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
003.332 7 NAJ s 2019
Penerbit FIKOM Universitas Duta Bangsa : SURAKARTA.,
Deskripsi Fisik
xv; 82; 21x29
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
150101170
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this