Image of Teori Jaringan Syaraf Tiruan Edisi 2

Text

Teori Jaringan Syaraf Tiruan Edisi 2



“Pada jaman yang serba otomatisasi ini (era industri 4.0), jaringan syaraf tiruan atau disingkat JST merupakan bidang ilmu aplikasi yang berkembang pesat dan menjadi salah satu cabang ilmu yang berperan penting dalam perkembangan teknologi canggih di masa mendatang. Jaringan syaraf tiruan dengan karakteristik alamiah yang meniru cara kerja otak manusia memiliki kemampuan belajar dan mengakumulasi pengetahuan hasil pembelajaran dalam jaringan syaraf database-nya, dengan kata lain sistem menjadi semakin cerdas seiring dengan proses pembelajaran yang dialami, sehingga pada akhirnya sistem JST tersebut memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan baru yang semula relatif asing bagi dirinya. Kemampuan belajar, beradaptasi dan membuat keputusan, menjadikan sistem atau teknologi cerdas ini menjanjikan “nilai tambah”, yang mampu mengambil alih tugas atau fungsi tertentu dari aktivitas rutin manusia. Terutama di lingkungan yang tidak bersahabat dan diluar jangkauan kontrol yang menuntut respon real time yang cepat, misalnya pesawat ruang angkasa penjelajah antar planet dimana sinyal komunikasi memerlukan waktu panjang antara pengirim dan penerima, sehingga tidak memungkinkan reaksi secara real-time.

Buku ini menyajikan teori jaringan syaraf tiruan secara padat dan ringkas dalam 3 bab. dimana dari aspek teoritis dasar dan dekskripsi yang diberikan, telah mencukup pemahaman semua tipe JST yang dikenal sejauh ini, sehingga pembaca dapat menggunakan teori JST yang disajikan dalam buku ini sebagai referensi dan selanjutnya mengembangkannya ke bentuk aplikasi praktis sesuai kebutuhan.

Adapun ke 3 bab terdiri dari “Prinsip dasar teori jaringan syaraf tiruan”, “Arsitektur jaringan syaraf tiruan”, dan “Contoh analisis jaringan syaraf tiruan metode backpropagation”


Ketersediaan

3719006.3 MUI t.1.ED2 WSD-2022Perpustakaan Fakultas Komputer UDB (006)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
Sistem Kecerdasan Tiruan dengan Kemampuan Belajar dan Adaptasi
No. Panggil
006.3 MUI t.1.ED2 WSD-2022
Penerbit TEKNOSAIN : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
XIV+296; 17×24
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-6433-29-4
Klasifikasi
006.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this