Image of Data Warehouse

Text

Data Warehouse



Data warehouse (DW) dewasa ini sudah berkembang sangat pesat dengan dipicu oleh perkembangan data yang kian masif yang dimiliki oleh organisasi. Meski terjadi ledakan data, namun masih banyak organisasi yang belum bisa memanfaatkan data yang dimilikinya guna mendukung pengambilan keputusan. Masih banyak organisasi yang belum memanfaatkan data warehouse dalam pengambilan keputusan mereka.



Buku ini merupakan panduan untuk memahami bagaimana menerapkan framework data warehouse tanpa tergantung kepada vendor data warehouse yang ada di pasaran. Filosofi framework dan perlunya framework dijelaskan secara rinci di buku ini. Demikian juga faktor penyebab tingginya kegagalan proyek data warehouse (tidak terakomodirnya kualitas data di semua fase pembangunan data warehouse) juga dibahas secara detail. Bagaimana mengakomodir kualitas data di setiap fasenya dibahas secara rinci di setiap bab. Untuk memperjelas bagaimana menerapkan framework yang mengakomodir kualitas data diberikan contoh penerapannya dalam kasus nyata di sistem penerimaan mahasiswa baru. Pertama-tama pembaca dijelaskan bagaimana melakukan analisis dan perancangan data warehouse dan kemudian diimplementasikan ke Pentaho yang merupakan tool data warehouse gratis. Buku ini ditutup dengan pembahasan tentang perlu tidaknya data warehouse dipindahkan ke cloud.



Pembahasan buku ini mencakup: - Perlunya framework yang mengakomodir kualitas data dalam pembangunan data warehouse guna meminimalisir kegagalan pembangunan data warehouse. - Fase-fase pembangunan data warehouse dan bagaimana mengakomodir kualitas data. - Step by step contoh penerapan framework pembangunan data warehouse dalam kasus riil di penerimaan mahasiswa baru.


Ketersediaan

3794005.74 MUN d.1.ED1 WSD- 2022Perpustakaan Fakultas Komputer UDB (005)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
005.74 MUN d.1.ED1 WSD- 2022
Penerbit Informatika Bandung : Bandung.,
Deskripsi Fisik
xvi; 304; 16x24
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786237131540
Klasifikasi
005.74
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this