Image of Pemrograman J2ME: Belajar cepat pemrograman perangkat telekomunikasi mobile

Text

Pemrograman J2ME: Belajar cepat pemrograman perangkat telekomunikasi mobile



J2ME atau Java Micro Edition adalah sebuah teknologi yang telah banyak digunakan dalam pengembangan aplikasi pada ponsel dewasa ini, mulai dari aplikasi yang berupa permainan sampai dengan aplikasi ponsel sebagai pendukung aplikasi yang lebih besar seperti enterprise.

Dalam buku ini akan dibahas bagaimana J2ME itu sendiri serta aplikasinya dengan menggunakan contoh-contoh program yang dapat digunakan sebagai latihan. Buku ini masih menggunakan CLDC 1.0 dan MIDP 2.0 sebagai standar, karena saat ini masih lebih banyak ponsel yang mendukung CLDC 1.0 dan MIDP 2.0. Berbagai tools yang digunakan dalam aplikasi dari buku ini bersifat open source sehingga lebih memudahkan pembacanya untuk membuatnya sendiri.

Buku ini dibuat dengan tujuan para pembacanya yang tertarik dalam pemrograman Java dapat memahami teknologi Java pada Literatur J2ME selama ini banyak dituis menggunakan bahasa Inggris, yang kemungkinan sulit untuk dipahami kalangan umum di Indonesia, oleh karena itu penulis mengemasnya dalam bahasa Indonesia sehingga akan mudah dipahami oleh kalangan dalam negeri yang tertarik untuk mendalami maupun mengerti teknologi Java pada ponsel.



Materi yang dibahas pada buku ini adalah:

BAB 1 PENDAHULUAN
1.1. Pembahasan Umum Java.
1.1.1 Java.
1.2. Java2 Standard Edition (J2SE)
1.3. Java2 Micro Edition (J2ME)
1.3.1. Pengertian J2ME
1.3.2. Connected Limited Device Configuration (CLDC)
1.3.3. Connected Device Configuration (CDC)
1.3.4. Mobile Information Device Profile (MIDP).
1.3.5. Kilobyte Virtual Machine (KVM)
1.3.6. C-Virtual Machine (CVM).
1.3.7. MIDlet.
1.3.7.1 Daur Hidup MIDlet.
1.3.7.2 Atribut MIDlet.
1.3.8. JAD (Java Application Descriptor)
1.3.9. OTA (Over The Air)
1.4. J2ME Wireless Toolkit.
1.4.1. Membuat dan Membuka Aplikasi
1.4.2. Setting.
1.4.3. Cara Menjalankan Aplikasi.

BAB 2 KOMPONEN-KOMPONEN J2ME
2.1. Display
2.2. Displayable.
2.3. Screen.
2.4. Canvas
2.5. Graphics
2.6. Font
2.7 Command
2.8. List
2.9. Alert
2.10. Ticker
2.11. TextBox.
2.12. Form.
2.13. Item
2.14. TextField.
2.15. ChoiceGroup.
2.16. DateField.
2.17. Gauge.
2.18. Image.
2.19. ImageItem
2.20 StringItem
2.21. CustomItem
2.22. Fungsi-fungsi pada Kelas MIDlet

BAB 3 MEMBACA FILE TEKS.

BAB 4 RECORD MANAGEMENT SYSTEM (RMS)
4.1. Mengurutkan Record
4.2. Menyeleksi Record

BAB 5 KONEKSI.
5.1. Parsing XML.
5.2. Thread.
5.3. Stream
5.4. Koneksi Socket.
5.4.1. Server
5.4.2. Klien
5.5. Koneksi Datagram.
5.5.1. Server.
5.5.2. Klien
5.6. Koneksi Bluetooth
5.6.1. Server.
5.6.2. Klien
5.7 Koneksi HTTP

BAB 6 MENGIRIM PESAN.
6.1. SMS (Short Messaging Service).
6.1.1. Mengirim SMS.
6.1.2. Menerima SMS
6.2. MMS (Multimedia Messaging Service).
6.2.1. Mengirim MMS.
6.2.2. Menerima MMS

BAB 7 PROPERTI.
7.1. Properti Media
7.2 Properti MIDlet.
7.3 Properti Sistem

BAB 8 MEDIA
8.1. Memainkan File Musik
8.2. Memainkan Tone.
8.3. Akses Kamera
8.4. Memainkan File Video.

BAB 9 GAME SEDERHANA.
9.1. Akses Tombol untuk Game
9.2. Manipulasi Gambar pada Game
9.3. Contoh Game Sederhana.

BAB 10 TROUBLESHOOTING.


Ketersediaan

1440005 SHA pPerpustakaan Fakultas Komputer UDB (005)Tersedia
1441005 SHA p2Perpustakaan Fakultas Komputer UDB (005)Tersedia
1714005.13 SHA p PHPPTS-2012Perpustakaan Fakultas Komputer UDB (005 PHP-PTS)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
005.13 SHA p
Penerbit Informatika Bandung : Bandung.,
Deskripsi Fisik
xvi,344,21
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-8758-01-7
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2nd ed.
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this